Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Bale Indung Rahayu Purwakarta


PurwakartaOnline.com
- Bale Indung Rahayu Merupakan Museum yang memiliki arti nama "Tempat Kemuliaan Ibu". Museum ini terletak di Jl.RE Martadinata Nagri Tengah, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Museum yang ditata dengan estetika dan teknologi digital tersebut menceritakan perjalanan hidup manusia dari mulai dalam kandungan sampai akhir hayat, dan menjelaskan peran seorang ibu yang penuh pengorbanan merawat anak dengan sentuhan budaya Sunda.

Di dalam ruangan tersebut terdapat banyak kisah. Dimulai dengan cerita dengan ungkapan Sunda yang sering mengiringi seorang ibu ketika hamil dan melahirkan.

Selain itu didalam ruangan ini pun berisi beberapa permainan anak khas Sunda tempo dulu. Bentuknya berupa lukisan, foto, hingga beberapa bentuk fisik yang bisa dimainkan, seperti congklak. 

Namun, ada pula beberapa jenis mainan yang hanya dipajang dan tidak boleh dimainkan.

Selanjutnya terdapat ruangan yang menggambarkan bahwa Tanah Sunda identik dengan hutan dan alam yang harus dijaga. 

Memasuki ruangan berikutnya terdapat miniatur rumah adat sunda,gambar pakaian adat sunda, dipajang alat musik tradisional khas sunda.

Kemudian peralatan dapur tradisional khas sunda dan juga dipajang makanan tradisional khas sunda semuanya ditata dengan estetika yang ditunjang dengan teknologi digital. (*)