Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peran Penting Dosen IPB Dalam Pembangunan Bangsa Indonesia

Purwakarta Online - Salah satu indikasi tingginya kualitas Dosen IPB adalah banyaknya alumni yang dilibatkan Pemerintah dalam pembangunan bangsa yang besar ini. Misal dari banyaknya alumni IPB yang diangkat menjadi menteri.

Sebagai Institut Pertanian, IPB berkembang menjadi pilar penting dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sebagaimana difahami, bahwa ketahanan pangan merupakan inti dari pertahanan negara.

Dan IPB adalah bagian paling berjasa dalam ketahanan pangan tersebut. Dosen IPB berhasil dalam tiga hal utama, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dosen IPB telah berhasil menghasilkan sosok-sosok yang memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, dengan integritas yang tidak diragukan. Teknologi pertanian yang dilahirkan dari penelitian di IPB, menjadi yang utama digunakan oleh semua sub-sistem pertanian di Indonesia.

Mulai dari on-farm, off-farma, Mesin Pertanian, Rakayasa Tanaman, agribisnis hingga sistem kewirausahaan yang mampu mempengaruhi kebijakan negara. Secara umum, Dosen IPB mampu merangsang Mahasiswa untuk menemukan dan mengembangkan segala potensi dalam dirinya masing-masing.

Oleh karena itu, hasil didikan Dosen IPB memiliki jiwa kemandirian yang kuat dan jiwa entrepreneurship yang mumpuni. Maka tidaklah mengherankan jika lulusan IPB banyak berkiprah di dunia wirausaha atau menjadi profesional. Bahkan sangat dibutuhkan oleh pihak swasta dan pemerintahan.

Menteri dari IPB

Kiprah Dosen IPB juga mampu melahirkan banyak Menteri bagi bangsa ini. Sebut saja, Suswono, Menteri dalam kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada periode kedua. Kemudian, Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) pada era Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Siti Nurbaya Bakar inilah yang membuat gebrakan dengan meluncurkan Program Perhutanan Sosial yang sangat berpihak kepada masyarakat desa di pinggiran hutan. Seketika, masyarakat 'pinggiran' merasakan keadilan yang sebelumnya tidak pernah didapatkan.

Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Hasil didikan Dosen IPB yang sangat berperan penting dalam pembangunan bangsa, terutama bagi masyarakat pinggiran yang berada di sekitar hutan. Kemudian ada nama Rokhmin Dahuri, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia pada tahun 2001 hingga 2004.

Lalu ada Nurmahmudi Ismail, Menteri Kehutanan pada tahun 1999 hingga tahun 2001. Gebrakan pro-rakyat menjadi ciri khas yang melekat hingga kini pengaruhnya dalam kebijakan kehutanan di Indonesia.

Selanjutnya ada nama Bungaran Saragih, Menteri Pertanian Republik Indonesia periode tahun 2001 hingga 2004. Lalu ada Anton Apriantono, Menteri Pertanian periode tahun 2004 hingga tahun 2009.

Kemudian Andung A. Nitimiharja, Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang menjabat di tahun 2004 hingga tahun 2005. Terakhir adalah Adhyaksa Dault, meskipun posisinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, tapi cukup membuktikan kualitas alumni IPB yang memang sangat tinggi. Tentu saja, kualitas tinggi para alumni tidak bisa mengesampingkan peran dari Dosen IPB selama menjalani proses perkuliahan.

Alumni IPB yang jadi Tokoh Nasional

Bukan hanya menjadi Menteri, peran Dosen IPB dapat dilihat juga dari banyaknya alumni IPB yang menjadi tokoh nasional, bahkan menjadi Presiden Republik Indonesia. Adalah Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Republik Indonesia setelah Ir. Soekarno, Jenderal Soeharto, BJ. Habibie, KH. Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarno Puteri.

Ada nama-nama lainnya seperti Andi Hakim Nasoetion, mantan Rektor IPB yang lebih terkenal sebagai cendikiawan yang sangat berpengaruh di Indonesia. Kemudian Aviliani, menjadi Komisaris Independen PT. Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI).

Lalu ada Herry Suhardiyanto, yang selama dua periode menjadi Rektor IPB. Siapa yang terkenal seorang penyair yang bernama Taufiq Ismail, Ia adalah alumni IPB, meskipun saat kelulusannya, Kampus IPB masih termasuk bagian dari Universitas Indonesia.

Selanjutnya siapa yang tak kenal aktor ganteng bernama Zumi Zola? Pria kelahiran 1980 ini telah meninggalkan karir film dan menjalani karir politik dengan menjadi Gubernur Jambi di tahun pada tahun 2016.

Lalu ada Presiden Joko Widodo, memang Beliu bukan lulusan IPB. Tapi lihat anak dan menantunya Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution adalah lulusan IPB. Dari kalangan pengusaha, muncul nama besar seperti Muhammad Najikh, ia merupakan pengusaha di bidang perikanan. Selanjutnya ada nama Herfizha Novianti, Ia adalah model dan aktris.

Mungkin nama suaminya lebih terkenal, yaitu Ricky Harun. Kesimpulannya, kiprah Dosen IPB dalam dunia pendidikan, telah mampu berperan penting dalam pembangunan bangsa Indonesia. Pengabdian mereka sepanjang hidupnya telah menginspirasi siapa pun yang ingin menjadi pribadi yang bermanfaat bagi seluruh umat manusia. (enjs)