Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah


Purwakarta Online - Pernah gak, sih? Saat mau tidur mendapat gangguan hidung tersumbat. Jelas tidak nyaman dan bikin susah bernapas. Hidung tersumbat bisa sebelah, bisa juga dua-duanya. Kondisi ini dapat terjadi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah karena alergi. 

Hidung tersumbat ini bisa disebabkan oleh penyakit hidung seperti peradangan tapi bukan alergi, poli, tumor, sekat hidung yang miring, kelenjar gondok dan asma. 

Cara Mudah Mengatasinya Hidung Tersumbat Sebelah

1.  Perbanyak minum air putih

Hal ini dapat membantu mengencerkan lender dan menjaga tenggorokan agar tidak kering. Selain air putih, bisa juga teh hangat, air jahe hangat dan jus buah segar.

2. Menghirup uap hangat 

Uap hangat bisa dihasilkan dari air yang sudah dimasak sampai mendidih. Namun ketika menghirup uap hangat dari air mendidih, Anda harus hati-hati. Hirup uap hangat dengan perlahan dan jangan sampai air mendidih mengenai kulit hidung Anda.
Selain itu, Anda dapat menikmati uap hangat dengan mandi air hangat atau menggunakan humidifier. Keduanya juga diklaim mampu membantu meredakan hidung tersumbat.

3. Bilas hidung dengan air garam 

Membilas hidung dengan air garam dipercaya dapat melegakan hidung tersumbat dan menghilangkan virus serta bakteri yang berada dalam rongga hidung.

Cara melakukan bilas hidung cukup sederhana. Buatlah larutan air garam dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dengan baking soda secukupnya, lalu larutkan dalam 1 cangkir air mineral yang sudah dihangatkan.

Setelah itu, isi larutan tersebut ke dalam alat suntikan. Ingat, pastikan jarum pada alat suntikan sudah dilepas. Bersandarlah ke wastafel sambil memiringkan kepala, lalu tuangkan larutan ini ke salah satu lubang hidung. Biarkan larutan tersebut mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

Selama proses ini, Anda bisa bernapas melalui mulut. Lakukan pembilasan hidung satu atau dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitamin C dan zinc untuk mempercepat pemulihan.

Hidung tersumbat jangan dibiarkan berlarut-larut. Jika kondisi ini berlangsung hingga 10 hari, Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Terlebih jika hidung tersumbat sebelah disertai dengan demam tinggi, ingus berwarna hijau, atau terdapat bercak darah pada lendir hidung.

Dari: Index