Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pinjaman Online Ditinjau dari Hukum dan Syariah. Bagian 5: Kesimpulan

pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,pinjol syariah,

Purwakarta Online - Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa pinjaman online atau fintech adalah inovasi di sektor keuangan yang dibarengi dengan teknologi modern, pun sebaliknya pinjaman online syariah sama namun yang membedakan adalah ada unsur nilai-nilai ajaran agama dalam fintech syariah.

Penerapan aturan islam didasarkan di beberapa landasan yakni landasan filosofis, landasan yuridis serta landasan historis sosiologis. Penerapan aturan dalam hukum islam menyatakan segenap aspek kehidupan artinya upaya pemahaman terhadap kepercayaan itu sendiri.

Demikian pula, dalam hukum islam (fiqh,syariah) tidak saja berfungsi sebagai nilai-nilai normatif, dimana secara teoritis berkaitan dalam segenap aspek kehidupan, serta terjadi kekeliruan satu pranata (institusi) sosial pada islam yang dapat menyampaikan legitimasi terhadap perubahan-perubahan yang dikehendaki dalam penyelarasan antara ajaran islam dinamika sosial.

Tinjauan sosiologi hukum islam mengenai pinjaman online ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana kinerja yang dilakukan, serta cara pandang hukum islam dalam mempengaruhi sistem atau mekanisme penanganan yang dilakukan oleh pinjaman online.

Tinjauan sosiologi hukum islam mengenai pinjaman online dimaksud untuk melihat bagaimana kinerja yang dilakukan sektor tersebut, hal tersebut menjadikan hukum islam memiliki fungsi sebagai nilai normatif. Dan menjadi penyelaras antara ajaran islam dan dinamika sosial.

Perlindungan untuk konsumen pun juga sudah jelas ada dan tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK. 01/2016 pasal tentang perlindungan konsumen bagian kedua kerahasiaan data.

Presiden Jokowi dengan tegas meminta OJK mendorong inklusi dengan dibarengi dengan literasi keuangan sebagai upaya dari korban yang terjerat pinjol ilegal. (*)

Sumber
Arinda Elsa Fitra. 2021. Dilema Pinjaman Online di Indonesia: Tinjauan Sosiologi Hukum dan Hukum Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum Volume 19 Nomor 2 Desember 2021. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/diktum/article/view/2162, diakses pada tanggal 22 Januari 2022.