Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa Jakarta Banjir Terus? Ini dia tiga Penyebabnya!

akibat banjir di jakarta, penyebab banjir di jakarta 2020, penyebab banjir di jakarta brainly, penyebab banjir di jakarta 2021, penyebab banjir di jakarta 2022, masalah banjir di jakarta, cara mengatasi banjir di jakarta, banjir adalah, bencana banjir bandang umumnya dicirikan dengan, cek banjir jakarta, banjir jakarta 2021 hari ini, banjir jakarta 2020, titik banjir jakarta 2021, titik banjir jakarta 2022, kompas banjir jakarta, penyebab banjir jakarta, banjir jakarta hari ini, banjir jakarta selatan, cek banjir jakarta, banjir jakarta 2021 hari ini, banjir jakarta 2020, titik banjir jakarta 2021, kompas banjir jakarta, penyebab banjir jakarta, banjir jakarta hari ini, banjir jakarta selatan, cek banjir jakarta, banjir jakarta 2021 hari ini, banjir jakarta 2020, titik banjir jakarta 2021, kompas banjir jakarta, penyebab banjir jakarta, banjir jakarta 2021, banjir jakarta hari ini 2021, banjir jakarta 2020, banjir jakarta barat, banjir jakarta barat hari ini, banjir jakarta hari ini 2020, banjir jakarta hari ini 2022, banjir jakarta selatan, banjir jakarta timur, banjir jakarta twitter, titik banjir jakarta, titik banjir jakarta hari ini, peta banjir jakarta, info banjir jakarta hari ini, peta banjir jakarta 2021, berita banjir jakarta hari ini, peta banjir jakarta 2020, peta banjir jakarta 2022, cek banjir jakarta, info banjir jakarta hari ini 2021, daerah banjir jakarta, banjir di jakarta, banjir rob jakarta, banjir di jakarta 2021, banjir rob jakarta utara, banjir di jakarta 2020, banjir terparah di jakarta, banjir daerah jakarta, banjir di daerah jakarta, banjir jakarta hari ini, banjir hari ini, jakarta banjir, banjir di jakarta, banjir jakarta 2020, banjir jakarta 2022, berita banjir hari ini, hujan deras jakarta banjir, jakarta banjir hari ini, banjir jakarta hari ini 2020, info banjir hari ini, jakarta terendam banjir, info banjir, banjir jakarta pagi ini, jakarta timur banjir, banjir jakarta timur hari ini, daerah jakarta yang tidak terkena banjir, banjir di jakarta timur, titik banjir di jakarta timur hari ini, wilayah jakarta yang terendam banjir hari ini, berita banjir hari ini jakarta timur,
Banjir Jakarta
Purwakarta Online - Secara geografis, DKI Jakarta merupakan dataran rendah yang berada di antara hulu sungai dan pesisir. Dilansir dari Portal resmi Pemerintah DKI Jakarta, berikut adalah 3 penyebab utama Jakarta sering mengalami banjir:

1. Banjir Jakarta Karena Hujan Lokal

Hujan yang terjadi dengan intensitas tinggi dalam durasi yang lama di wilayah Jakarta akan mengisi saluran-saluran air dan daerah cekung. Jika tidak tertampung lagi, air akan meluap hingga menyebabkan banjir.

Selain itu, dimensi drainase kota Jakarta dirancang untuk menampung debit air dengan curah hujan maksimal 120 mm/hari. Namun, pada beberapa hujan besar ekstrem yang terjadi di Jakarta, curah hujan melebihi kapasitas tersebut.

Contohnya pada 1 Januari 2020 lalu, curah hujan Jakarta mencapai 377 mm/hari dan merupakan yang tertinggi selama 24 tahun. Sehingga banjir pun melanda sebagian besar wilayah Ibu Kota.

2. Banjir Jakarta Akibat Banjir Kiriman

Karena berada di wilayah dataran rendah dan memiliki 13 aliran sungai, Jakarta dapat banjir jika hujan terjadi di hulu sungai.

Hujan dengan intensitas tinggi di daerah hulu (Jawa Barat dan Banten) akan terbawa melalui aliran sungai ke Jakarta sebelum lepas ke laut. Hal inilah yang membuat sungai yang bermuara di Jakarta meluap dan mengakibatkan banjir. Pada saat kondisi tertentu kapasitas aliran sungai di Jakarta tersebut tidak cukup menampung air, sehingga terjadi limpasan di beberapa bantaran sungai di Jakarta.

3. Banjir Jakarta Akibat Terkena Rob

Selain karena hujan dan kiriman debit air dari hulu, Jakarta juga rentan terkena pasang air laut (Rob).

Hal ini biasanya terjadi di wilayah pesisir atau tepi laut Jakarta. Kini, di samping karena pasangnya air laut, penurunan muka tanah di utara Jakarta juga mempengaruhi meningkatnya banjir rob.