Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tempat penulis lepas dapat honor!


PurwakartaOnline.com – Memang kamu bisa nulis artikel, kirim ke Purwakarta Online melalui email purwakartaonline84@gmail.com, itu yang rubrik Warta Warga. Artikel kamu bisa aja lolos dan dimuat. Tapi apa kamu dapat uang? Jawabnya enggak!

Jangankan buat kamu, para aktivis media di Purwakarta Online aja saat ini masih jadi ‘Pasukan Ikhlas’, alias belum dapat honor. Selama ini kami-kami ini punya ‘kelainan’ yang membuat kami kere, tapi kami dengan bangga (hese) menyebutnya idealisme.

Tapi ya doain aja, mudah-mudahan kedepannya Purwakarta Online bisa berkembang dan beruang! Biar bisa kawin lagi bagi-bagi fulus sama kamu yang artikelnya dimuat.

Nah, ngomongin bikin artikel terus dapat honor, kita mau bagi-bagi info nih. Ada aplikasi dan media berikut yang bisa ngasih duit atas karya tulis kamu. Ayo, kita langsung aja dicekidotkan....

1. Mojok.co

Ini situs yang terus terang aja kami akui, menginspirasi Purwakarta Online setahun belakangan. Bukan apa-apa, mojok.co itu gaya tulisannya gokil-gokil gimanaaa...gitu!

Tapi ya terus terang pula, Purwakarta Online gagal mengikuti jejak langkah mojok.co dalam segala hal. Purwakarta Online cuma bisa bilang terima kasih, adanya mojok.co bikin kami semangat terus berkarya, menulis dan blogging.

Oh ya, terlalu melebar.

Mojok.co itu ada penawaran menulis dan kamu bakal dikasih duit jika tulisan kamu dimuat, begini penawarannya.

“Mojok.co memuat artikel-artikel ringan yang hanya butuh waktu sekitar seperminuman kopi saja untuk menulisnya, tulisan-tulisan pendek (600-1.000 kata) yang dihasilkan saat naik angkot, menunggu kereta, boker, usai makan siang kantor, di supermarket, dan lain-lain.”
Kami menerima kiriman tulisan dari pembaca untuk beberapa rubrik, di antaranya:
  • Esai
  • Curhat
  • Konter
  • Liputan
  • Malam Jumat
  • Otomojok dan
  • Rerasan

Berminat mengirimkan tulisan atau curhat? Berikut syarat dan ketentuannya. (Baca baik-baik ketentuannya, kami malas menayangkan artikel yang tidak memenuhi ketentuan pengiriman naskah.)

Kirim naskah ke email redaksi ke redaksi@mojok.co dengan subjek sesuai nama rubrik (Esai/Curhat/Konter/Otomojok/Malam Jumat/Liputan/Rerasan).

Semua tulisan yang masuk tetap menjadi hak milik kontributor. Jika tulisan layak muat, kami akan segera menghubungi yang bersangkutan, kecuali tulisan yang dijawab dan dimuat di rubrik Curhat.

Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok (kecuali rubrik Curhat) berhak mendapatkan honorarium yang insya Allah jumlahnya cukup kalau sekadar untuk ngajak pacar makan di rumah makan yang lumayan elit.

Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok boleh menerbitkan ulang karyanya di tempat atau media lain. Minimal satu minggu setelah tayang di Mojok, dengan syarat mencantumkan bahwa karya tersebut pernah dimuat di Mojok.

Jika setelah tiga hari karya yang dikirimkan belum mendapat balasan dari kami, penulis berhak menerbitkan atau mengirimkannya ke media lain. Tulisan dikirim dalam format sudah dicantumkan di bodi email, bukan dalam bentuk dokumen terlampir.

Sebelum tulisan ditayangkan, Mojok berhak menyunting tulisan kontributor. Kontributor baru (yang tulisannya belum pernah dimuat di Mojok) wajib melampirkan identitas dan scan KTP dan NPWP (kalau ada).

Identitas terdiri dari nama lengkap, domisili, nomor kontak, akun media sosial, foto pribadi, serta atribusi (profil singkat).

Kontributor baru wajib mencantumkan nomor rekening (beserta nama bank, nama KCP bank, dan nama nasabah) di badan email saat mengirimkan karyanya agar honorarium bisa segera dibayarkan setelah tulisan terbit.

Sekali lagi, di badan email, bukan di file tulisan! Kalau malas mencantumkan nomor rekening, lebih baik tak usah mengirimkan naskah. Nah itu mojok.co, biar lebih jelas, langsung aja sambangi situsnya!

2. UC News

Selanjutnya UC News. UC News ini adalah portal berita dan artikel yang menawarkan sistem pengisian konten oleh kontributor melalui layanan UC We Media.

Sebelum berkontribusi menulis untuk UC News kamu harus mendaftar dulu via aplikasi ponsel. Saat pendaftaran kamu harus menyertakan foto KTP dan foto diri.

Kamu juga harus memilih topik yang menjadi minat kamu menulis. Setelah mendaftar kamu harus menunggu approval selama 48 jam sebelum mulai menulis.

Ada dua cara untuk mendapatkan penghasilan dari UC News. Pertama, kamu harus terikat buat menulis minimal 20 artikel asli per bulan. Kedua, kamu mendapatkan bagi hasil dari iklan yang dipasang UC News di artikel kamu.

Pihak UC News tidak memberikan informasi berapa harga yang mereka bayar untuk satu artikel. Namun UC News mengklaim penulis bisa mendapatkan Rp 10 juta per bulan.

3. BasaBasi.co

Basabasi.co merupakan situs yang menyajikan tulisan lengkap mulai dari puisi, esai, resensi, cerpen, sampai artikel. Tiap jenis tulisan mereka bayar dengan harga yang berbeda.

Melihat tulisan-tulisan yang ditampilkan basabasi.co, kamu akan langsung tahu kalau mereka memang menaruh minat pada tulisan-tulisan berkualitas.

Bahkan yang mereka sebut artikel ringan pun punya topik yang mendalam, kamu tidak akan menemukan artikel-artikel clickbait di situs ini.

Kalau kamu ingin menulis artikel dan dibayar, situs ini juga menyediakan bayaran yang cukup menggiurkan, yaitu Rp. 200 ribu per artikel ringan sebanyak 3-4 halaman. Caranya, simak langsung di situs resminya.

4. Geotimes

Buka Goeotimes. Dalam situsnya, Geotimes mengklaim platformnya sebagai portal kolom populer dan terkini tentang tokoh dan kebijakan publik. Portal ini mengundang para penulis dengan analisis tajam mengenai isu agama, ekonomi, politik, sosial, dan media untuk menulis opini sebanyak 750-1000 kata.

Artikel yang kamu buat untuk Geotimes harus bersifat argumentatif dengan menyertakan tesis dan call for action. Setelah kamu mendaftarkan artikelmu, pihak redaksi akan mengkurasi apakah artikelmu layak tampil dalam kurun waktu paling lambat dua minggu.

Kalau artikel opinimu ditampilkan maka honor yang kamu terima sebesar RP. 350 ribu. Jika Geotimes menganggap kamu emang ahli dalam bidang yang kamu tulis, honormu bisa mencapai Rp. 1 juta.

Geotimes mengusung kode etik jurnalistik dalam menyunting tulisan-tulisan yang masuk maka pastikan kamu membaca pedoman media siber mereka sebelum menulis. Tulisan yang berbau SARA dijamin tidak lolos seleksi di portal ini.

5. Remotivi

Kalau kamu tertarik menulis untuk menyoroti topik media, maka Remotivi.or.id adalah wadahnya. Di laman “menulis untuk kami”, portal ini menjelaskan bahwa mereka menerima tulisan dari berbagai kalangan yang memiliki kepedulian kepada isu media.

Serupa dengan Geotimes, Remotivi bersedia membayar tulisan argumentatif dengan penjabaran yang runut dan ilmiah, namun ditulis dengan gaya non-akademis.

Secara garis besar, Remotivi mengharapkan tulisan dengan ide menarik, berbobot dan dapat dipertanggung-jawabkan. Untuk berkontribusi, kamu bisa mengirimkan tulisanmu ke redaksi@remotivi.or.id.

Kemudian kamu harus menunggu selama lima hari kerja untuk mengetahui apakah tulisanmu akan terbit atau tidak.

Walaupun tidak menyebutkan besar honor untuk penulis, namun sebuah sumber menyebutkan bahwa Remotivi bisa membayar Rp. 350 ribu – Rp. 1,5 juta untuk tulisan 800-2000 kata. Kalau dalam sebulan ada 20 saja tulisanmu yang terbit maka penghasilan kamu sudah lebih besar dari UMP Jakarta.

6. VoxPop.id

Voxpop Indonesia menyajikan konten yang bersifat opini dengan sudut pandang segar dan menarik. Sesuai slogan mereka, VoxPop.id merupakan tempat berbagi pandangan, cerita dan kenangan.

Jika kamu memiliki kemampuan menulis dengan perspektif segar namun tidak terlalu satire. Maka VoxPop bisa menjadi tempat yang cocok untuk menerbitkan tulisanmu.

Honor yang bisa kamu terima kalau tulisanmu diterbitkan juga lumayan, sekitar Rp250 ribu per tulisan. Bisa buat tambahan uang jajanmu. Memilih media untuk menerbitkan tulisanmu bisa disesuaikan dengan tujuanmu menulis.

Kamu bisa menulis artikel-artikel ringan jika tujuanmu hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun jika kamu mau menulis artikel dan dibayar sebagai profesional, maka pilihlah media-media yang terkenal mengkurasi tulisan yang diterbitkan.

Dengan begitu nilai tulisanmu tidak hanya bernilai rupiah, tetapi juga reputasimu sebagai penulis akan meningkat. Okeh, segitu dulu ya. Selamat mencoba, semoga hobi nulis anda tersalurkan kemudian saku anda juga terisi! (*)

Sumber: Kerjalepas.com / Mojok.co