Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Masif beredar hoax, menyangkut Din Syamsuddin

Gambar screenshot. Hoax tentang pengunduran diri Din Syamsuddin, beredar di media sosial.

Purwakarta Online - Sebuah situs anti-hoax, turnbackhoax.id melansir sebuah isu (5/2/2019). Dimana beredar sebuah hoax yang menyangkut nama Din Syamsuddin, yang mengundurkan diri sebaggai 'Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban'.

Hoax yang beredar, seperti yang diposting sebuah gambar (screenshot) dalam sebuah facebook dengan akun bernama Khairul Usman. Yang menampilkan foto Dien Syamsudin dengan tulisan provokatif, sebagaimana tampak di dalam gambar.

Klarifikasi
msn.com (22/9/2018) melansir klarifikasi Din Syamsuddin, dalam menyikapi isu tersebut. Dengan penjelasan bahwa dirinya telah melayangkan surat pengunduran diri sejak KPU menetapkan Jokowi menjadi Calon Presiden.

Selanjutnya, Ia menegaskan bahwa pengunduran dirinya adalah untuk menjaga netralitas. Sementara amanat organisasi Muhammadiyah tidak memperbolehkan pimpinan pengurus untuk terlibat aktif dalam politik praktis.

Selain itu, Din Syamsuddin menjabat Ketua Dewan Pertimbangan MUI. Kemudian Ia juga menjabat Ketua Dewan Pergerakan Indonesia Maju, yang merupakan gerakan lintas agama, budaya, suku dan bahasa.

Temui Presiden di Istana
Din Syamsudin menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan di Jakarta pada tanggal 25 September 2018.

"Pak Jokowi, saya ingin sampaikan, dapat memahami posisi tersebut, dan oleh karena itu Beliau tentu menerima pengunduran diri saya", Kata Din Syamsuddin, sebagaimana dilansir kompas.com (25/9/2019).